Kebijakan Mekanisme Pelaporan Pelanggaran

Manajemen Perusahaan berkomitmen menjalankan kegiatan usaha secara profesional dengan berlandaskan pada perilaku Perusahaan yang sesuai dengan kode etik dan budaya kepatuhan dalam meningkatkan efektivitas penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik. Dalam menjalankan komitmen tersebut, Perusahaan telah membangun Whistleblowing System (WBS) sebagai salah satu mekanisme deteksi dini atas terjadinya suatu tindak pelanggaran di lingkungan Perusahaan yang dapat menimbulkan kerugian finansial, termasuk hal-hal yang dapat mencemari nama baik Perusahaan. Penanggung Jawab WBS di Perusahaan adalah Direktur Utama. Dalam pelaksanaan tugasnya, Direktur Utama menunjuk Satuan Kerja Audit Internal sebagai pengelola WBS yang memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam mewujudkan lingkungan kerja yang jujur dan berintegritas.

Tugas dan Tanggung jawab pengelola Whistleblowing System, sebagai berikut:

  1. Menjaga kerahasiaan informasi laporan Whistleblowing System beserta identitas Pelapornya.

  2. Mengadministrasikan seluruh Pelaporan yang diterima diantaranya.

    • Jumlah laporan masuk.

    • Laporan yang akan diteruskan kepada Komite Penanganan Fraud.

    • Jumlah laporan yang telah selesai diinvestigasi maupun yang sedang dalam proses investigasi.

    • Laporan yang telah mendapatkan keputusan akhir.

  3. Melakukan analisa awal terhadap kecukupan informasi pelanggaran yang diterima.

  4. Melakukan konfirmasi kepada Pelapor (bila diperlukan) untuk melengkapi informasi tambahan yang diperlukan.

  5. Meneruskan ke Komite Anti Fraud untuk dilakukan tindak lanjut sesuai kewenangan.

  6. Melakukan pemantauan status penyelesaian laporan indikasi pelanggaran.

  7. Melakukan updating progress tindak lanjut laporan pengaduan (sesuai format dokumentasi).

  8. Melakukan perlindungan terhadap pelapor selama proses penanganan laporan indikasi pelanggaran.

Perusahaan akan menindaklanjuti laporan indikasi pelanggaran yang memenuhi kriteria laporan WBS. Untuk mempercepat proses tindak lanjut laporan, Pelapor agar memberikan informasi identitas diri berupa nama dan nomor telepon/e-mail yang bisa dihubungi (diperbolehkan anonim). Sebagai bentuk perlindungan kepada Pelapor, perusahaan menjamin kerahasiaan data diri dan isi laporan yang disampaikan oleh Pelapor. Pelaporan WBS dapat disampaikan melalui saluran komunikasi :

  1. SMS/Whatsapp : 0811-8999-893

  2. Email : wbs@brifinance.co.id

  • Grup Perusahaan

  • Terdaftar dan diawasi oleh

  • Download Aplikasi Kami

  • Keanggotaan

PT. BRI Multifinance Indonesia

Menara BRILiaN Lt. 1,21, dan 22 Jl. Gatot Subroto Kav 64 No. 117A, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan


  • Telephone (021) 5745333 (hunting)
    (Call at Office Hour)